Kamis, 12 Februari 2015

Perbedaan Persahabatan, Pacaran, dan Ta'aruf




A.  Pesahabatan
            Perilaku kerja sama antara dua orang atau lebih dalam lingkup sosial yang memiliki selera yang sama, sifat yang hampir sama, dan melakukan kegiatan yang sama dengan rasa percaya yang lebih dan kenyamanan satu sama lain, sehingga menimbulkan sifat tidak terlalu ego dan bersifat lebih mendengar, memberikan solusi dan menghibur satu sama lain. Persahabatan lebih cenderung setia, tidak banyak permasalahan, dan saling memahami sifat masing tanpa ada rasa kecanggungan saat menunjukan sifat asli. Oleh karena itu tingkatan sahabat sudah selevel seperti keluarga.

B. Pacaran
            Proses perkenalan antara dua insan manusia yang berbeda lawan jenis yang biasanya berada dalam rangkaian tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan berkeluarga yang dikenal dengan pernikahan.  Dalam tahap perkenalannya  lawan jenis  berhubungan dengan berdasarkan cinta dan kasih. Dalam hubungan berpacaran di rasakan ada kecanggungan saat akan menunjukan sifat asli di karena takut jika pasangannya tidak akan menerima kekurangan. Berpacaran cenderung banyak permasalahan yang timbul di karenakan ada ego rasa memiliki yang lebih kuat di bandingkan persahabatan. Hubungan berpacaran akan menimbulkan hubungan yang lebih baik jika komitmen yang di buat itu terwujud atau bahkan lebih buruk jika  komitmen yang telah di buat dilanggar oeleh salah satu pihak.

C. Ta’aruf
            Ta’aruf dalam syariat Islam adalah kegiatan bersilaturahmi, kalau pada masa ini kita bilang berkenalan bertatap muka, atau main/bertamu ke rumah seseorang dengan tujuan berkenalan dengan penghuninya. Bisa juga dikatakan bahwa tujuan dari berkenalan tersebut adalah untuk mencari jodoh. Taaruf bisa juga dilakukan jika kedua belah pihak keluarga setuju dan tinggal menunggu keputusan anak untuk bersedia atau tidak untuk dilanjutkan ke jenjang khitbah – taaruf dengan mempertemukan yang hendak dijodohkan dengan maksud agar saling mengenal.

1 komentar:

  1. wah penjelasannya sangat mudah di mengerti dan sangat mudah di pahami
    kita jadi tau perbedaan persahabatan dengan pacaran.
    ingin tau perbedaan taaruf dengan pacaran? kunjungi https://muslimlife.id/news/perbedaan-taaruf-dan-pacaran
    Semoga berkah

    BalasHapus