Sabtu, 14 Februari 2015

Ehh, Salah Orang (part 1)


Pernah ngalamin “salah orang” ? salah orang itu adalah suatu kondisi dimana kita berinteraksi dengan orang  yang tidak tepat sasaran. Penyebab utama : indra penglihatan lagi musuhan sama otak, indra peraba kepedeaan pegang-pegang objek, kecerobohan mulut yang pengen keliatan ramah di depan orang. Kalian pernah ngalamin ? kalo belum pernah berarti kalian tidak termasuk manusia sempurna, kenapa ga sempurna? Karena manusia yang tidak sempurna itu merupakan manusia yang sempurna? Nah loh ngerti ga? kalo ga ngerti anda bukan manusia tidak sempurna tapi cuma manusia kurang pintar aja. Hahahaha
aku sendiri sering sih ngalamin salah orang, faktor penyebabnya bisa dibaca diatas kali ya. Cuma ada dua kejadian yang malunya masih kerasa nyampe sekarang mungkin nyampe kebawa mati kali. Waktu kejadian itu kira-kira umur masih sekita 5-6 tahun lah, umur dimana masih pengen nyoba yang rasanya api kaya gimana, rasanya air kaya gimana, rasanya tanah kaya gimana, dan rasanya udara kaya gimana, avatar kali ya di absen semua. Pokoknya kalian juga pernah ngalamin lah  umur segitu tuh bawaanya pengen main bepe-bepean trus ngebikinin rumah dari tanah, yang tempat tidurnya terbuat dari cangkang rokok dan ruang keluarga di hias  dengan tv ala pecahan kenteng . Iya kan gitu ?
Kebetulah hari itu pas idul adha, moment banget lah hari-hari besar kaya gitu tuh, banyak orang ngumpul di halaman masjid sekedar buat liat hewan kurban di sembelih atau emang udah niat ke masjid buat minta jatah di bagi daging kurban, untung jaman dulu belum ada selfi, kebayang kalo udah ada, tuh domba sama sapi sebelum di panggil yang maha kuasa pasti ngerasain dulu di foto di camera 360 dan melihat wajah mereka yang berubah cantik untuk terakhir kalinya. Dan itu hanya khayalan aku semata.
My papih yaitu bapa badrudin arief tercintah kebetulan ikut nimbrung bantuin bapa-bapa yang lain buat misah-misahin daging yang buat di bagiin, ga tau juga sih kenapa si bapa nimbrung, apakah memang termasuk panitia atau cuma ajang cari sensasi untuk terlihat seperti bapa-bapa masjid yang aktif. Misteri itu belum terungkap sampai sekarang. Hahaha
Waktu kecil tuh aku termasuk anak pemalu gitu, ga sanggup kalo ada orang yang natap ke muka tuh, bawaannya malu. Nyampe sekarang juga masih gitu sih, ga bisa ngobrol kalo natap mata langsung lawan bicara, menurut aku mata itu hal yang paling menakutkan setelah mulut, karena lewat mata kita bisa mengetahui kebenaran dan kebohongan.
Setelah asik main-main gitu, ada anak cowo yang gangguin aku gitu, aku lupa siapa cowonya, pokoknya yang aku inget, waktu itu aku cuma butuh sosok bapa buat jadi benteng pelindung biar ga di gangguin sama mereka. Mungkin karena efek abis lari-larian aku salah pokus sama apa yang aku liat, aku lari kearah kerumunan bapa-bapa yang lagi pada sibuk ngurusin daging kurban. Bagaikan jack yang lari memeluk rose dari belakang, aku dengan pedenya meluk sesosok laki-laki yang dari fisik bapa aku banget lah, krempeng-krempeng cacingeun gitu deh. Kebetulan bapa itu lagi jongkok ngebelakangin aku, tangan mungil itu tanpa perintah dari otak langsung memeluk bagian pundak nyampe ngunci leher si bapa itu. Mana meluknya kenceng banget lagi, tapi anehnya yang dipeluk ko diem aja, kan biasanya kalo aku peluk bapa tuh suka ngerespon lah, entah responnya positif atau negatif, tapi ko ini diem aja. Aku penasan, aku kencengin lagi aja meluknya, dan sekali lagi tuh yang dipeluk diem aja.
Dari sana sudah tercium gelagat yang tidak beres, insting aku sebagai anak mulai bekerja memancarkan sinyal-sinyal yang sudah tidak beres, untuk menjawab rasa penasaran, aku panggil dia dalam posisi masih aku peluk, “ pa...pa..bapa...”. masih belum respon juga, mungkin orang itu masih slow respon diakibatkan sinyal kurang memadai. Otomatis rasa ketakutankan aku muncul, soalnya pas kecil bapa sering bercanda mati-matian gtu deh sama aku. Masih dalam posisi meluk di belakang aku guncang-guncangin sambil panggil pangil dia, pokoknya suasana lagi hening-hening banget lah, sosok yang aku peluk dari belakang lama kelamaan mulai menggerakan leher dan kepalanya, aku berharap-harap cemas, dan setelah wajah itu jelas berada di depan bola mata aku, aku bener-bener kaget dan  baru sadar, kalo selama ini sosok lelaki yang aku peluk dari belakang itu buka bapa aku, tapi..... tapi...... tapi....tukang sate kambing yang sering dagang di kampung aku. Aku kaget banget, aku langsung lepasin pegangan tangan aku di leher dia. Entah baru aku sadari ternyata orang-orang di sekeliling aku lagi pada liatin kejadian itu, rasa malu mengalahkan rasa kecewa aku, mereka ketawa gitu, amang satenya juga ketawa, aku liatin muka mereka satu persatu dari ujung ke ujung dan aku kaget banget menerima kenyataan bahwa posisi bapa aku yang asli lagi jongkong berhadapan sama amang tukang sate itu, dan yang paling parahnya dia ikut ngetawain aku yang tak berdosa itu. Untuk menghilangkan rasa malu akibat diketawain aku langsung lari kearah bapa aku dan meluk dia dan tak lupa ngumpet di keteknya. Dengan malu malu, muka aku kadang muncul kepermukaan dan liatin wajah si amang sate, mungkin amang sate itu ngerasa ada yang liatin dan balas ngeliatin aku,dan dengan sigap aku kembali nyari-nyari di ketek bapa aku buat jadi benteng persembunyian.
Dan sekarang kalo ketemu sama amang sate itu entah di jalan, depan rumah, di pasar, atau bahkan lagi jualan pun aku pasti bakal langsung inget sama kejadian waktu itu. Dan aku pasti bakal malu sendiri.
Kejadian salah orang pas aku masih kecil aja udah gitu, kalian pasti bakal lebih kaget kalo aku ceritain kejadian salah orang pas aku udah gede. Dan asal kalian tau, itu lebih parah dan memalukan kasusnya. Next time aku bakal ceritain. Jangan bosen main ke blog aku ya, good night.

Dengan Fani Meida Ariyanti disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar